Fungsi Timbangan (Weight Bridge)

Proses dan Tahapan-Tahapan Penimbangan TBS
 
Proses pembuatan atau lebih tepatnya pengolahan TBS (Tandan Buah Segar)  kelapa sawit ini tidak terlepas dari tahapan-tahapan yang harus dilalui.  Sesuai dengan namanya yaitu pengolahan maka dari itu tida ada yang instan dan selalu melalui tahapan-tahapan atau juga proses, Yang pertama TBS harus masuk melalui Timbangan tanpa adanya stasiun WB (Weight Bridge)/ Timbangan TBS tidak dapat melanjutkan ke tahap berikutnya,  dari timbangan ini biasanya akan diketahui Bruto,  Neto serta Tara dari TBS tersebut yang mejadi patokan apakah hasil produksi CPO dan Kernel nantinya setelah diolah sesuai standar yang telah ditetapkan atau tidak,  dan bisa dipastikan pula dengan adanya timbangan ini secara tidak langsung dapat memonitor kerja dari team Greding,  serta proses pengolahan lainnya. Tanpa adanya Timbangan pabrik pun akan beroperasi abnormal sebab tidak ada tolak ukur produksi yang dihasilkan seperti halnya manusia tanpa adanya mata dan telinga akan sulit melihat dan mendengar. 
 
Seperti namanya timbangan,  secara umum timbangan berfungsi sebagai alat untuk mengetahui berat benda atau masa sebuah benda. Jadi dapat kita simpulkan bahwa timbangan ini berfungsi sebagai alat tolak ukur untuk mengetahui berat dan massa sebuah benda. 
 
Mengapa di setiap PKS itu selalu tertib peraturan dan safety yang selalu diutamakan?
 
 

Seperti yang banyak kita bisa lihat dari peraturan-peraturan yang ada,  peraturan itu dibuat untuk mencegah terjadinya kecelakaan kerja itu yang pertama,  namun dibalik itu adakah yang benar-benar faham makna dari peraturan itu? 
 
 
Secara otomatis sadar atau tidak setiap individu yang taat peraturan itu dengan tidak sengaja telah membangunkan alam bawah sadar untuk memberikan kedisiplinan diri dan akan melahirkan kebiasaan yang sulit ditinggalkan oleh individu itu sendiri.  
 
Biasanya dari proses timbangan ini individu-individu harus rela mengantri,  mematuhi tata tertib yang sudah ditetapkan oleh PKS.  langkah awal yang harus dan wajib driver lakukan sebelum menimbang TBS yang pertama wajib membawa surat pengantar buah dari tempat asal TBS itu diangkut,  kemudian melaporkan ke pos Scurity PKS yang kemudian mengantri untuk menimbangkan TBS nya, setelah ditimbang dan TBS dibongkar di grading DT tersebut kembali melakukan timbang ke dua (timbang kosong)  untuk mengetahui berat dari DT itu sendiri sebagai pengurang dari total TBS yang telah dimuat oleh DT tersebut. 
 
Dari proses tersebut kemudian kita bisa mendapatkan hasil timbang yang disebut sebagai tiket timbang yang berisikan Bruto, Tara dan Neto.  Dari Neto inilah yang menjadi bahan acuhan untuk pembayaran sebagai nilai tukar kepada yang bersangkutan. 
 
Nah dari sedikit ulasan ini dapat kita simpulkan bahwa Timbangan menghasilkan data yang berfungsi sebagai tolak ukur dan referensi sebuah produk. 
 
Sekedar informasi tambahan,  biasanya jembatan timbang ini memiliki kapasitas masing-masing dan paling umum digunakan yang berkapasitas 20 Ton.  Namun perlu diperhatikan kapasitas 20 Ton ini bukan menjadi patokan kewajiban dan keharusan dari sebuah pabrik. 
 
Timbangan juga bisa dijadikan alat kontrol sebuah produksi,  untuk itu individu yang mengoperasikan timbangan seharusnya benar-benar memiliki skil di bidangnya dan pastinya disiplin,  tanggung jawab dan jujur.  Biasanya perusahaan akan mentraining setiap karyawannya terlebih dahulu sebelu benar-benar diterjunkan ke lapangan. 
 
Untuk perawatan timbangan TBS ini biasanya dilakukan setiap tahun guna untuk menormalkan komponen-komponen dari timbangan tersebut,  sebab secara otomatis tanah dari permukaan timbangan akan mengalami penurunan yang dapat menyebabkan selisih pada timbangan,  untuk mengantisipasi hal itu terjadi adanya mata rantai yang selalu berhubungan sangat dibutuhkan keberadaannya di PKS ini yakni maintenance dan electrical yang merupakan dari kesatuan divisi workshop yang bertugas digaris depan untuk melakukan perawatan rutin (preventive) dan memantau keadaan mesin-mesin yang ada. 
 
Demikian yang bisa penulis bagikan melalui kesempatan ini apa bila ada yang kurang dari informasi ini bisa tinggalkan komen dan saran masukan sangat kami harapkan.  Terimakasih semoga bermanfaat. 

Belum ada Komentar untuk "Fungsi Timbangan (Weight Bridge)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel